Fungsi-Fungsi Looping

Contoh Penerapan Fungsi Reversed() dengan Metode Looping For Untuk Membalikkan Urutan Posisi Elemen Tipe Data Gabungan Pada Pemrograman Python


Untuk memutarbalikkan atau membalikkan urutan posisi elemen pada tipe data gabungan seperti tipe data list, bahasa pemrograman python menyediakan fungsi reversed(). Bagaimana contoh penerapannya dengan metode looping for? yuk simak artikel ini.

Subkategori: reversed print


Misalkan ada variabel x dengan nilai bertipe list. Kita inisialisasikan seperti berikut ini.

>>> x = [2,3,5,6,2,12,3,5,6,35]

Kemudian, kita akan menampilkan nilai elemen yang ada pada variabel x tersebut dengan cara membalikkan atau memutar balikkannya, dimana kita akan mengubah urutan dari elemen list variabel x tersebut seperti elemen dengan nilai 35 yang awalnya ada di urutan terakhir, akan digeser menjadi urutan pertama. Sedangkan elemen dengan nilai 2 yang ada pada posisi pertama akan digeser menjadi posisi terakhir.

Untuk itu, kita bisa gunakan metode looping for dengan fungsi reversed() yang telah tersedia pada bahasa pemrograman python. Fungsi reversed() ini tinggal kita panggil (gunakan).  Contoh penerapannya seperti kode program berikut ini.

>>> for i in reversed(x):
	print(i)

	
35
6
5
3
12
2
6
5
3
2

     

Kode program di atas, dapat diterjemahkan sebagai cara untuk memutarbalikkan posisi setiap nilai elemen yang ada pada variabel x dimana setiap elemen tersebut diwakilkan pada variabel i, dan akan ditampilkan secara beruntun dengan menggunakan metode looping for.

Hasil dari kode program di atas, terlihat nilai elemen yang ditampilkan kini posisinya sudah terbalik daripada posisi pada saat inisialisasi sebelumnya. Posisi nilai 35 yang sebelumnya berada pada posisi terakhir, kini telah bergeser menjadi posisi pertama, begitupun sebaliknya nilai 2 yang sebelumnya ada di posisi pertama kini bergeser menjadi posisi terakhir. 

Namun, perlu dikatehui bahwa posisi elemen pada variabel x tidak ikut berubah ya. masih tetap seperti inisialaisi awalnya. Perubahan posisi terjadi jika kita gunakan fungsi reversed() dengan metode looping for.

Mari kita buktikan bahwa posisi urutan elemen pada variabel x tidak berubah, kita coba tampilkan elemen-elemen yang ada pada variabel x menggunakan fungsi print() seperti berikut ini.

>>> print(x)
[2, 3, 5, 6, 2, 12, 3, 5, 6, 35]

 atau kita bisa juga membuktikannya dengan gunakan metode looping for, tapi hanya menampilkan nilai elemen yang ada pada variabel x tanpa melakukan tugas khusus melalui suatu fungsi tertentu. Kita cobakan kode program seperti berikut ini.

>>> for i in x:
	print(i)

	
2
3
5
6
2
12
3
5
6
35
>>> 

Dapat kita lihat dan buktikan dari dua kode program terakhir di atas, dari hasilnya diperoleh bahwa urutan nilai elemen pada variabel x masih sama seperti urutan saat inisialisasi variabel x sebelumnya. 

Demikian pemaparan sederhana tentang cara memutarbalikkan atau membalikkan posisi urutan elemen pada data tipe gabungan pemrograman python. Penerapannya tidak hanya pada tipe data list saja, namun juga bisa diterapkan pada data ber tipe tuple.

 

Artikel ini telah dikunjungi sebanyak 0 pengunjung dalam satu minggu terakhir
Artikel ini ditulis oleh:
foto penulis
mister bram
orang biasa yang berusaha untuk terus belajar dan ingin berbagi

Bagaimana menurutmu artikel ini?

 Silakan bagikan artikel ini



 Silakan tulis dan bagikan pendapatmu untuk didiskusikan